MAKALAH PENGANTAR BISNIS
“ KEWIRAUSAHAAN DAN USAHA KECIL”
DISUSUN OLEH :
1. EKA SAFITRI (22211357)
2. ESMIN FRANSISKA H. (22211502)
3. FEBRINA FITRIANI (22211782)
4. MARWAH QURROTA A. (24211333)
5. NOVITA ANOM SARI (25211249)
6. SYIFA YUSNIKA (27211003)
FAKULTAS EKONOMI (AKUNTANSI)
TAHUN AJARAN 2011-2012
K A T A P E N G A N T A R
Alhamdulillah, dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik meskipun masih terdapat kekurangan dalam penulisan makalah ini.
Sebagai penulis, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam pengumpulan sumber informasi dalam penyusunan makalah ini, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
Penulis menyadari akan kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan isi ataupun bahasanya. Namun harapan penulis adalah agar dapat diterima dan bermanfaat bagi para pembaca.
Akhir kata “Tak ada gading yang tak retak”, begitu pula dalam penulisan makalah ini, penulis menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna, masih banyak kekurangan yang luput dari perhatian, oleh karena itu penulis memohon maaf jika ada kesalahan yang kurang berkenan. Akhir kata penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri khususnya dan para pembaca umummya.
Bekasi, 11 Nov 2011
Penulis
BAB I
PENDAHLUAN
wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru , menentukan cara produk baru , menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya. Sedangkan Kewirausahaan adalah suatu sikap yang berusaha untuk memanfaatkan peluang usaha , guna memenuhi kebutuhan ataupun mencapai kemakmuran dengan inovasi – inovasi yang dimiliki .
Usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan).
Secara sederhana perbedaan antara perusahaan kecil dengan kewirausahaan adalah kewirausahaan adalah berbentuk seorang pemimpin yang mampu memimpin anggotanyan untuk mencapai tujuannya tersebut. Sedangkan perusahaan kecil berbentuk organisasi atau kelompok kecil.
BAB II
PEMBAHASAN
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru , menentukan cara produk baru , menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya .
Pengertian Kewirausahaan
a . Kewirausahaan adalah mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha meningkatkan hasil karyanya
dalam arti meningkatkan penghasilan .
b . Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi , tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan (robin 1996 )
c . Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan tambahan kemakmuran .
Dari pengertian di atas dapat di abil kesimpulan bahwa Kewirausahaan adalah suatu sikap yang berusaha untuk memanfaatkan peluang usaha , guna memenuhi kebutuhan ataupun mencapai kemakmuran dengan inovasi – inovasi yang dimiliki .
Ciri-ciri seorang kewirausahaan antara lain :
n Selalu optimis
n Secara terus-menerus melihat peluang yang tidak dapat dilihat oleh orang lain
n Tidak Pernah merasa puas, dan selalu dapat mengeksploitasi perubahan yang ada
n Selalu mempunyai komitmen untuk menang
n Mempunyai inuisi yang tajam
n Action oriented
n Dapat memanfaatkan ancaman menjadi peluang
*Unsur-unsur penting wiraswasta
1. Sikap
Sikap merupakan unsur yang timbul dari dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perbuatan atau tindakan .Sikap merupakan modal dasar bagi seorang wirausaha untuk meraih keberhasilan , karena sikap menunjukan kepribadian seseorang yang mempengaruhi pola pikir orang lain terhadap dirinya
2. Kemampuan dan keterampilan
Untuk menjadi seorang wirausaha selain mempunyai dana, juga harus mempunyai kemampuan dan keterampilan . Kemampuan dalam ia merupakan anggota masyarakat yang tidak dapat melepaskan diri dari lingkungannya untuk itu ia harus menghormati etika kemasyarakatan tanpa mengesampingkan budaya setempat .
Fungsi seorang Wirausaha
1. Memasuki usaha-usaha baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain .
2. Memulai produksi suatu jenis barang / jasa baru atau jenis barang / jasa yang sudah ada dengan cara baru .
3. Melaksanakan reorganisasi usahanya
4. Membuka pasaran baru
5. Mengembangkan sumber-sumber logistic baru atau mengusahakan inovasi-inovasi.
Kreativitas biasanya diterjemahkan sebagai kemampuan seserang menggunakan kesempatan yang tersedia melalui cara-cara baru dalam memecahkan persoalan yang tengah dihadapi.Inovasi dimaksudkan sebagai ketajaman intuisi seseorang untuk menerapkan kreativitas tadi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kewirausahaan:
n Personal, menyangkut aspek kepribadian seseorang
n Sociological, yaitu menyangkut hubungan dengan keluarga, menunjang atau tidak
n Environmental, ini menyangkut factor lingkungan seseorang dimana ia dibesarkan, ia akan terpengaruh dengan lingkungan tersebut
Manfaat yang dapat diraih bila sesorang menjadi wirausahawan :
l Mengurangi pengangguran, memperluas daya tampung tenaga kerja
l Pemelihara keserasian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat
l Mendorong seseorang hidup mendiri tanpa tergantung pada orang lain
l Memperbanyak orang yang taat hokum dan peraturan
l Mengembangkan kehidupan ekonomi kerakyatan
l Mendidik generasi muda untuk disiplin dan menciptkan lapangan kerja baru
l Memberi contoh hidup sederhana, dan suka kerja keras
Perusahaan kecil
- Pengertian perusahaan kecil
Usaha kecil merupakan usaha yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang, atau berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999 kategori usaha kecil adalah yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,00 (tidak termasuk tanah dan bangunan); penjualan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00.milik Warga Negara Indonesia, bukan afiliasi badan usaha lain (berdiri sendiri), dan berbentuk usaha perorangan, badan usaha, atau koperasi.
Ebert dan Griffin mendefinisikan bisnis kecil adalah suatu usaha yang dimiliki dan dikelola secara bebas, dan bisnis kecil ini tidak mendominasi pasar. Bisnis kecil ini bukan merupakan bagian atau cabang dari perusahaan lain. Yang menjalankan bisnis ini adalah pemilik sendiri, bekerja bebas sesuai dengan kesanggupannya.
Ciri-ciri perusahaan kecil
a. Manajemen berdiri sendiri, dengan kata lain tidak ada pemisahan yang tegas antara pemilik dengan pengelola perusahaan. Pemilik adalah sekaligus pengelola dalam UKM.
b. Modal disediakan oleh seorang pemilik atau sekelompok kecil pemilik modal.
c. Daerah operasinya umumnya lokal, walaupun terdapat juga UKM yang memiliki orientasi luar negeri,berupa ekspor ke negara-negara mitra perdagangan
d. Ukuran perusahaan, baik dari segi total aset, jumlah karyawan, dan sarana prasarana yang kecil.
Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan kecil
Kekuatan Perusahaan kecil
1. Manajemen perusahaan lebih dapat terkontrol
2. Prosedur hukumnya sederhana
3. Bebas dalam menentukan barang atau jasa yang diproduksi
4. Pemilik dapat menerima seluruh laba
5. Pendistribusian barang ataupun pengenalan produk lebih mudah
Kelemahan Perusahaan Kecil
1 . Resiko usaha ditanggung oleh si pemilik
2 . Kurangnya informasi dalam menjalankan bisnis
3 . Pembagian kerja tidak proposional
4 . Tidak ada perencanaan mengenai anggaran
5 . Tidak pernah melakukan studi kelayakan
Cara-cara mengembangkan perusahaan kecil
1. Mengetahui kondisi internal maupun eksternal perusahaan
Disini Perusahaan harus mengetahui kondis internal dan eksternal perusahaan , kondisi internal dapat berupa peningkatan produksi ataupun peningkatan mutu barang , selain itu menajemen perusahan harus lebih ditingkatkan agar dapat memanage perusahaan dengan baik , sedangkan dari sisi eksternal perusahaan perusahaan harus melihat kondisi masyarakat sebagai konsumen , perusahaan harus mengetahui barang/jasa apa yg sedang dibutuhkan oleh konsumen , dengan melihat para pesaing kita dapat menentukan harga untuk barang .
2. Melakukan promosi produk
Promosi harus lebih gencar dilakukan sebagai usaha untuk memperkenalkan produk , promosi dapat berupa potongan harga ataupun penjualan paket .
Sebab-sebab kegagalan bisnis kecil antara Lain :
l Tidak mampu mengelaola bisnis, kurang pengetahuan
l Terlalu santai menjalankan bisnis
l Tidak mampu melakukan pengawasan terhadap pegawai
l Modal sangat kecil, sehingga menjadi serba sulit
Faktor yang mendorong keberhasilan bisnis kecil :
n Ada usaha kerja keras
n Produk yang dijual memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekelilingnya
n Pemilik adalah seorang yang mampu memimpin
n Ada factor keberuntungan, yaitu adanya titik temu antara berdoa dan berusaha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar